Visi dan Misi

VISI :
“Terwujudnya Sleman sebagai Rumah Bersama yang Cerdas, Sejahtera, Berdaya Saing, Menghargai Perbedaan dan Memiliki Jiwa Gotong Royong”

 

MISI :
1). Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dengan dukungan teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Misi ini dimaksudkan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dilakukan dengan mengembangkan pemanfaatan teknologi informasi yang terintegrasi yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan sehingga kualitas pelayanan kepada masyarakat meningkat.

2). Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Misi ini dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing melalui peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan yang terjangkau

 

STRATEGI

Strategi yang dipergunakan dalam rangka menyelenggarakan misi tersebut untuk mencapai Sleman Sehat adalah sebagai berikut:

  1. Strategi mewujudkan misi 1 Dalam upaya mewujudkan misi 1, strategi yang dilakukan Dinas Kesehatan yaitu meningkatkan kinerja Dinas Kesehatan dan UPTnya melalui peningkatan kualitas sistem manajemen mutu dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat sehingga kepuasan pelanggan dapat tercapai dan predikat kinerja instansi pemerintah dapat sangat memuaskan (AA), dengan beberapa strategi pembangunan yang ditempuh adalah:
    a.Meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui peningkatkan kapasitas sumberdaya Dinas Kesehatan dengan penerapan good governance.
    b. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di bidang kesehatan untuk meningkatkan daya saing.
    c. Meningkatkan pemanfataan potensi sumberdaya bidang kesehatan untuk menarik kunjungan Puskesmas.
    d. Regulasi retribusi pelayanan kesehatan pemerintah.
    e. Mewujudkan sumberdaya manusia yang profesional.
    f. Penerapan anggaran berbasis kinerja.
  2. Strategi mewujudkan misi 2
    Dalam upaya mewujudkan misi 2, terdapat beberapa strategi yang dilakukan antara lain :
    a. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat dan meningkatkan kemandirian puskesmas dalam mengelola pelayanan kesehatan adalah:

1) Meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas
2) Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan
3) Meningkatkan jejaring pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta
4) Meningkatkan jejaring pelayanan kesehatan dasar dan rujukan
5) Penerapan obat rasional di semua pelayanan kesehatan baik pemerintah maupun swasta
6) Optimalisasi pelayanan oleh sektor swasta dalam rangka pemerataan pelayanan
7) Penerapan standar sistem manajemen mutu
8) Kemandirian puskesmas.

b. Penanggulangan kemiskinan dengan menjamin pelayanan kesehatan untuk masyarakat miskin dan mengembangkan sistem pembiayaan kesehatan masyarakat melalui:
1) Meningkatkan kualitas sistem penjaminan kesehatan bagi masyarakat
2) Meningkatkan kualitas hidup masyarakat miskin
3) Adanya jaminan perlindungan bagi masyarakat miskin di Kabupaten Sleman
4) Masyarakat miskin dijamin oleh pemerintah melalui sistem asuransi
5) Meningkatkan promosi pembiayaan kesehatan melalui sistem asuransi
c. Memantapkan pengelolaan prasarana dan sarana kesehatan termasuk sistem informasi kesehatan, melalui :
1) Meningkatkan kualitas data dan informasi melalui pemanfataan ilmu pengetahuan dan teknologi
2) Meningkatkan pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kesehatan melalui optimalisasi sumber-sumber pembiayaan pemerintah, swasta dan masyarakat.
3) Meningkatkan sistem pengelolaan sarana kesehatan lingkungan
4) Meningkatkan pemenuhan kebutuhan obat, vaksin dan reagensia untuk sarana pelayanan kesehatan
5) Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan.
d. Meningkatkan pemberdayaan dan peran serta masyarakat di bidang kesehatan melalui:
1) Meningkatkan peranserta/partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana di bidang kesehatan.
2) Meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat
3) Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui perlindungan dan pemberdayaan serta keterpaduan program pemerintah, swasta dan masyarakat
4) Meningkatkan revitalisasi posyandu dengan bertitik berat pada pemanfaatan posyandu secara terpadu
5) Meningkatkan kualitas lingkungan sehat, melalui Desa Siaga sampai Kabupaten Sehat.

 

MAKLUMAT PELAYANAN

 “Kami  Pimpinan dan Karyawan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Sanggup Menyelenggarakan Pelayanan Sepenuh Hati, Sesuai dengan Standart Pelayanan Yang Telah Ditetapkan, Memberikan Pelayanan Sesuai Dengan Kewajiban dan Akan Melakukan Perbaikan Secara Terus Menerus Serta Bersedia Menerima Sanksi dan atau Memberikan Kompensasi Apabila Pelyanan Yang Diberikan Tidak Sesuai Dengan Standart”

 

KEBIJAKAN MUTU

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman sebagai penanggung jawab program pembangunan bidang kesehatan di Wilayah Kabupaten Sleman bertekad mencapai Visi, Misi, berkomitmen memastikan pelanggan memperoleh pelayanan terbaik melalui peningkatan pelayanan secara berkelanjutan dan berkesinambungan  serta keadilan melalui langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Mematuhi peraturan yang berlaku dengan kegiatan yang menjadi tanggung jawab.
  2. Meningkatkan profesionalisme dalam memberikan pelayanan yang bermutu kepada pelanggan.
  3. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia.
  4. Peningkatan pelayanan secara terus menerus untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Melalui penerapan ini, kami secara konsisten menghasilkan jasa layanan terkait yang bermutu, sesuai dengan harapan pelanggan.