Workshop Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Tahun 2019.

PPID tahun 2019

Informasi Merupakan Kebutuhan Mendasar setiap orang sebagai pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi public merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan tata kenegaraan yang baik.

Transparansi dan keterbukaan informasi public diamanatkan dalam UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang dirinci dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.61 tahun 2001. Undang undang ini telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik karena melalui undang undang ini  ditetapkan bahwa setiap Badan Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman pada hari Rabu, 26 Juni 2019 menyelenggarakan Workshop PPID Tahun 2019. Pertemuan dihadiri oleh 56 peserta yang berasal dari pewakilan Dinas Kesehatan dan UPT dilingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Workshop dimulai pada pukul 09.30 diawali dengan pembukaan dan Sambutan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr. Joko Hastaryo, M.Kes. Dalam kesempatan tesebut beliau menyampaikan  Tujuan khusus diadakannya kegiatan ini adalah untuk mendorong terwujudnya implemental Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik secara efektif dan hak hak publik terhadap informasi berkualitas yang dapat terpenuhi. Serta untuk meningkatkan Pelayanan Informasi Publik dilingkungan Dinas Kesehatan dan UPT nya  dalam upaya menghasilkan layanan Informasi Publik yang berkualitas.

Materi yang disampaikan dalam pertemuan itu meliputi Peran Penting PPID dalam Keterbukaan Informasi Publik  dan Implementasi UU No.14 tahun 2008 yang di sampaikan oleh Ibu Noor Hidayah Zakiyah P, S.Sos.,M., dan Pengelolaan Informasi Publik dan Menyusun Daftar Informasi Publik (DIP) di PPID yang dibawakan oleh bapak Yudiarto Setiawan, ST, M.Eng. Naasumber berasal dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, dilanjutkan dengan diskusi.

Workshop PPID tahun 2019 diakhiri pada pukul 14.30 WIB, dengan sebuah harapan adanya peningkatan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas dalam Implementasi nya, yang berdasarkan pada pedoman yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *