Waspadai Flu Singapura / Penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut (PKTM)

Selama lebaran mendatang mobilisasi penduduk dapat meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasa. Perpindahan penduduk dari luar masuk ke Kabupaten Sleman dari satu sisi mampu menggerakkan ekonomi masyarakat, namun di sisi lain ancaman penularan penyakit pun menyertai.

Dalam apel rutin harian yang dipimpin Kabid P2PL, dr. Cahya Purnama, M.Kes., mengingatkan bahwa masyarakat perlu untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan kesehatan khususnya penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut (PKTM) atau disebut Flu Singapura.

Beliau memaparkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh virus sehingga menyebabkan gejala yang khas yakni mula-mula demam tidak tinggi 2-3 hari, diikuti sakit leher (pharingitis), tidak ada nafsu makan, pilek, ruam di bagian mulut, tangan dan kaki, dan mungkin di bagian popok. Gejala seperti flu pada umumnya yang tak mematikan. Timbul vesikel yang kemudian pecah, ada 3-10 ulcus di mulut seperti sariawan terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan. Timbul rash/ruam atau vesikel (lepuh memerah/blister yang kecil dan rata), papulovesikel yang tidak gatal ditelapak tangan dan kaki. Sedangkan penularannya melalui kontak langsung dari orang ke orang yaitu melalui droplet, air liur, tinja, cairan dari vesikel atau ekskreta.

Penularan kontak tidak langsung melalui barang-barang yang terkontaminasi oleh sekresi itu. Guna mencegah penularan penyakit ini, mencuci tangan dengan teliti terutama setelah membersihkan hidung, menggunakan toilet atau mengganti popok. Serta membersihkan seluruh bagian tangan dan kaki terutama bagian kuku yang sering menjadi sarang bagi kuman.

Oleh karena itu, apabila di masyarakat menjumpai penyakit dengan gejala tersebut diharapkan segera periksa dan atau melaporkan kepada Puskesmas terdekat atau ke Dinas Kesehatan Sleman. Peran serta masyarakat aktif dalam pelaporan kejadian penyakit mampu mencegah terjadinya kejadian luar biasa (KLB) akibat penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *