Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Ramadhan dengan Protokol Kesehatan

Bulan Ramadhan merupakan Bulan yang dinantikan seluruh umat Muslim di seluruh penjuru dunia termasuk di Kabupaten Sleman. Prioritas kegiatan yang dijalankan oleh sebagian besar kaum muslimin adalah berpuasa serta berbagai kegiatan ibadah baik wajib maupun sunnah.

Ditinjau dari segi manfaat kesehatan, dilasir dari situs Kemenkes RI (2018) menjelaskan bahwa ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik, dan dengan berpuasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik hingga 10 kali lipat.

Namun di tengah pandemi Covid-19 saat ini, perlu ada upaya adaptasi agar tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah yang dihimpun dari beberapa sumber meliputi:

  1. Berbuka puasa dengan air putih dan mengkonsumsi makanan manis yang berasal dari buah-buahan, kurma dan lain-lain.
  2. Ketika berbuka dan sahur, hidangan minimal harus ada salah satu jenis makanan yang berasal dari 4 kelompok makanan seperti Makanan Pokok (beras, jagung, roti, ubi, dll), Lauk-Pauk (kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, ayam, susu dan hasil olahannya, dll), Sayur (semua jenis sayur-sayuran), dan Buah (semua jenis buah-buahan). Dan buah bisa dikonsumsi setelah shalat tarawih atau menjelang tidur.
  3. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan asin setiap hari ketika berbuka dan sahur.
  4. Hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak setiap hari, baik ketika berbuka puasa ataupun ketika sahur.
  5. Perbanyak mengkonsumsi air putih 8-10 gelas dari berbuka sampai waktu sahur.
  6. Merokok menimbulkan dampak kesehatan untuk diri sendiri dan orang disekitar anda, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk merokok sekarang juga. Bulan puasa dapat menjadi momen tepat untuk berhenti merokok, sehingga nantinya akan lebih mudah untuk meninggalkan perilaku tersebut.
  7. Lakukan aktivitas fisik yang memungkinkan. Bisa dengan olahraga ringan.
  8. Mengelola stress bisa dengan memperdalam ilmu agama dan juga memperbanyak ibadah.
  9. Mengelola penyakit komorbid COvid-19 diantaranya dengan tetap kontrol tekanan darah dengan rutin bagi penderita hipertensi, kontrol gula darah secara teratur bagi penyandang Diabetes, dan kontrol secara rutin untuk penyakit tidak menular lainnya.
  10. Beribadah di Masjid/Mushola dengan memperhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan sebelum memasuki tempat ibadah, menjaga jarak fisik, tidak saling bersalaman, membawa perlengkapan ibadah sendiri, dan menghindari kerumunan. Jika terdapat kasus maka pelaksanaan ibadaha mengikuti arahan Satgas Penanganan Covid-19 setempat.
  11. Mengikuti program vaksinasi yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman / Fasilitas kesehatan. MUI telah mengeluarkan fatwa nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi COVID-19 pada Saat Berpuasa. Fatwa tersebut menyatakan bahwa vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam yang sedang berpuasa.

Beberapa tips tersebut diharapkan menjaga dan meningkatkan kesehatan sehingga meningkatkan kualitas ibadah meskipun di tengah keprihatinan pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *