Sleman Gelorakan Gaya Hidup Sehat Melalui Deklarasi Germas

Jumat (3/11) Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman telah sukses menyelenggarakan Deklarasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau dikenal dengan Germas. Berlokasi di Lapangan Beran, acara ini dihadiri langsung Wakil Bupati Sleman beserta pimpinan instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman hingga warga masyarakat. Lebih dari 300 peserta turut bergabung sejak senam sehat dimulai.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke 53 yang jatuh tepat pada tanggal 12 November 2017. Peringatan HKN ke-53 diharapkan menjadi momentum menggelorakan berbagai upaya kesehatan meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan khususnya di Kabupaten Sleman. Kepala Dinas Kesehatan Sleman, dr Nurulhayah, M.Kes. mengajak seluruh peserta agar menerapkan Germas dalam kehidupan sehari-hari. Fokus Germas yang penting untuk dilakukan saat ini adalah meningkatkan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, makan sayur dan buah, dan melakukan cek kesehatan secara rutin. “Deklarasi dan Kampanye Germas ini dalam rangka juga untuk menunjang instruksi presiden terkait dengan germas yaitu ada kegiatan-kegiatan promosi dan prevensi atau peningkatan dan pencegahan,” ungkap Nurulhayah.

Salah satu momen yang penting  pada kesempatan ini, Wakil Bupati Sleman membacakan Deklarasi Germas yang diikuti oleh peserta yang dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen Germas. Melalui kegiatan Germas ini, Wakil Bupati Sleman berharap kepada seluruh peserta deklarasi agar mampu menjadi pelopor serta teladan gerakan hidup sehat baik di keluarga maupun di masyarakat dan mampu meningkatkan motivasi serta kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan. ”Dengan demikian akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan sehingga tercipta kabupaten yang sehat, bersih, dan kuat,” tambahnya. (chy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *