Program Pengendalian Hipertensi Puskesmas Kalasan

Hipertensi merupakan penyakit tidak menular pada sistem kardiovaskular yang banyak terjadi dan terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.Seringkali penderita hipertensi tidak mengetahu bahwa dirinya menderita penyakit tersebut, sehingga penyakit ini sering diistilahkan dengan “The Silent Killer”. Hipertensi apabila tidak terkontrol maka akan berakibat komplikasi penyakit dan bahkan kematian.

Untuk meningkatkan kesadaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terhadap penderita hipertensi dengan patuh dan tertib meminum obat serta pemantauan  tekanan darah terkini pada penderita hipertensi, UPT Pusat Kesehatan Masyarakat Kalasan meluncurkan inovasi “Pak Tani Basmi Suket Teki, yang merupakan akronim dari Parikesit Lakukan Deteksi Dini Bersama Atasi Hipertensi Dengan Siap Kelola Obat dan Tekanan Darah Terkini.

Untuk meningkatkan kepatuhan pasien dan  memberikan tambahan pemahaman yang baik tentang hipertensi, maka Puskesmas hari ini menyampaikan konsep pengendalian hipertensi. Materi konsep pengendalian hipertensi pada hari ini disampaikan oleh Sriyati Sipora, S.Kep., Ns, bertempat di Aula pertemuan Lantai 2 UPT Pusat Kesehatan Masyarakat Kalasan. Disampaikan dalam paparan materi  tentang penyebab penderita tidak rutin meminum obat dan tidak rutin melakukan kontrol rutin terhadap sakit yang dideritanya adalah disebabkan karena tidak adanya keluhan yang dirasakan, sehingga kuantitas meminum obat adalah ketika ada keluhan saja. Faktor jauhnya akses fasilitas kesehatan merupakan faktor penghambat kontrol rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *