Peduli Usia Lanjut, Dinas Kesehatan Menyelenggarakan FORKOM USILA

Sebagai salah satu wujud kepedulian dan perhatian terhadap kelompok usia lanjut di wilayah Kabupaten Sleman, 15 September 2011 Dinas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Forum Komunikasi Usia Lanjut (FORKOM USILA) bertempat di Aula Bappeda Sleman. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Sleman dr. Mafilindati Nuraini, M.Kes. memaparkan bahwa Usia Harapan Hidup (UHH) Kab. Sleman tahun 2010 pada tahun 2010 sebesar 76 tahun untuk perempuan dan 72 tahun untuk laki-laki. Angka tersebut tergolong cukup tinggi dibandingkan dengan angka nasional. Sebagai perbandingan, angka UHH nasional pada tahun 2010 sebesar 70,6 tahun. Hal tersebut menjadi sebuah indikator penting yang mendukung Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sleman. Sedangkan berdasarkan data Sie. Kesehatan Keluarga, jumlah usia lanjut di Kabupaten Sleman pada tahun 2010 usia 45-49 tahun sebanyak 64.067 orang, usia 50-54 tahun sebanyak 61.187 orang, usia 55-59 tahun 40.819 tahun. Dan kelompok usia diatas 60 tahun sebanyak 107.371 orang. Adapun tujuan dari kegiatan FORKOM USILA adalah untuk 1). Meningkatkan kesadaran para Usila untuk membina sendiri kesehatannya; 2). Meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam menghayati dan mengatasi kesehatan usila; 3). Meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan kesehatan usila; 4). Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan usila. Kegiatan yang dihadiri oleh unsur kelompok Usila dan Puskesmas mencapai 125 orang. Dengan mengusung tema ”Tetap Sehat dan Berdaya Guna dimasa Usia Lanjut”, acara ini dihadiri pula oleh narasumber ahli. Narasumber pertama yakni dr. Probosuseno, Sp.PD., K-Ger., FINASIM (RSUP dr. Sarjito) memaparkan mengenai kiat-kiat agar usila menjalani hidup dengan sehat, bahagia, dan berdaya guna. Salah satu kiat beliau yakni: JOGJA:

J – Jaga kebersihan (diri dan lingkungan), Jangan stres, Jangan terforsir (tidur cukup),

O – Olahraga & rasa (seni/hobi yang positif),

G – Gizi seimbang, Gaul dengan orang baik,

J – Jangan memiliki faktor risiko penyakit jantung koroner & stroke (kendalikan: tekanan darah tinggi, kencing manis, kolesterol, konsumsi garam dibatasi, tidak merokok, tidak stres, rajin olah raga), Jangan lupa kontrol kesehatan& imunisasi,

 A – Agama 24 jam. Dilanjutkan dengan narasumber dari KOMDA Lansia Sleman, Sudiman, S.Ag., M.Pdi. memaparkan tentang home care dan terahir nutrisionis Dinas Kesehatan Sleman, M. Widiharto, S.Gz. yang menjelaskan seputar gizi usila. Beliau menekankan pada gizi seimbang untuk usia lanjut dan menyarankan agar usila senantiasa mengkonsumsi makan aneka ragam makanan yang bergizi (makanan berserat misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan). Dan menghindari makanan mengandung lemak tinggi (jeroan, daging kambing, otak, keju, sumsum tulang, mentega, kuning telur, dll).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *