Tingkatkan Kesiapsiagaan Layanan Kesehatan, Dinkes Selenggarakan Bimtek SPGDT

Sebagai upaya peningkatan layanan kesehatan terutama dalam kesiapsiagaan menghadapi cuti bersama dan libur Idul Fitri Tahun 2022, bertempat di RM Sari Dewi, Tanggal 22 April 2022 Dinkes Kab Sleman menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) yang bertujuan mengevaluasi pelayanan teknis medis, mekanisme respon, dan mekanisme koordinasi antar Public Safety Centre (PSC) 119, Rumah Sakit, dan stakeholder terkait.

Sasaran Bimtek SPGDT adalah koordinator perawat Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit se-Kabupaten Sleman. Bimtek dibuka oleh Etylusfina, SKM, M.Kes Kasi Kesehatan Dasar dan Rujukan Dinkes Kab. Sleman, sedangkan  narasumber Bimtek dari Dinkes Provinsi D.I.Yogyakarta: Kudiana, SKM, M.Sc yang menyampaikan materi tentang SPGDT sebagai bentuk peningkatan pengetahuan dan refreshing ilmu dalam upaya memberikan pelayanan kegawatdaruratan bagi korban kegawatdaruratan medis.

Dalam materinya, narasumber menyampaikan agar mengoptimalkan komponen SPGDT yang meliputi respon cepat, pelayanan gawat darurat oleh tenaga kesehatan, pelayanan ambulance, melibatkan masyarakat, dan sistem komunikasi, terutama dalam kesiapsiagaan layanan kesehatan selama arus mudik dan arus balik pada cuti bersama dan libur Idul Fitri tahun 2022. Selain itu agar mengefektifkan peran PSC Sleman Emergency Services (SES) dalam mengkoordinir semua fasilitas pelayanan kesehatan yang menjamin pelayanan kegawatdaruratan medik kepada seluruh masyarakat. (Et)

Pembukaan Bimtek SPGDT oleh Kasi Kesdas dan Rujukan Etylusfina, SKM, M.Kes bersama narasumber dari Dinkes D.I.Yogyakarta Kudiana, SKM, M.Sc di RM Sari Dewi Sleman
Narasumber dari Dinkes D.I.Yogyakarta Kudiana, SKM, M.Sc menyampaikan materi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT)
Koordinator Perawat IGD Rumah Sakit sebagai Peserta Bimtek SPGDT

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.