Demi Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak, Puskesmas Gamping I Luncurkan Inovasi Kreatif “Mama Minta Info”

Stiker mama minta info

Salah satu indikator derajat kesehatan masyarakat dilihat dari menurunnya Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Balita (AKABA). Berdasarkan data dari Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012 AKI di Indonesia sebesar 359/100.000 kelahiran hidup, AKB tahun 2012 sebanyak 32/100 kelahiran hidup, dan AKABA tahun 2012 sebanyak 40/1000 kelahiran hidup. Kemudian jika dilihat dari profil kesehatan tahun 2016 di Propinsi DIY jumlah kematian ibu di tahun 2015 sebanyak 29 kasus, kematian bayi 329 atau 25/1000 kelahiran hidup dan kematian balita 378 atau 9,8/1000 kelahiran hidup. Sedangkan di Kabupaten Sleman, kematian ibu pada tahun 2016 sebanyak 8 kasus, kematian bayi pada tahun 2016 sebanyak 44 kasus dari 14.139 kelahiran hidup dengan AKB = 3,11 per 1.000 kelahiran hidup (KH).

Salah satu penyebab terjadinya kematian ibu dan anak karena “3 Terlambat” (terlambat mengenali masalah,terlambat merujuk dan terlambat mendapat penanganan). Pengenalan tanda bahaya tergantung dari “Perilaku”, yang mana perilaku ini ditentukan oleh pengetahuan, sikap, kepercayaan, tradisi dan sebagainya. Disamping itu ketersediaan fasilitas, sikap, perilaku petugas juga mendukung dan memperkuat terbentuknya perilaku (Teori Lawrence Green). Hal yang penting dalam perilaku kesehatan adalah masalah pembentukan dan perubahan perilaku. Karena perubahan perilaku sebagai penunjang program-program kesehatan.

Permasalahan kesehatan ibu & anak di Puskesmas Gamping I adalah masih terjadinya kejadian kematian bayi dan bayi lahir mati dari tahun 2014 sampai 2016, dan kejadian tertinggi terjadi di tahun 2015 sebanyak 6 kejadian kematian bayi. Ini berbanding lurus dengan banyaknya ibu hamil beresiko yang melebihi estimasi/perkiraan 20% dari seluruh sasaran ibu hamil (38,13%).

Permenkes 28/2017 tentang izin dan penyelenggaraan praktek bidan, bahwa bidan merupakan salah satu dari jenis tenaga kesehatan yang memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan pelayanan asuhan kebidanan sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki meliputi pelayanan kesehatan ibu, pelayanan kesehatan anak, dan pelayanan kesehatan reproduksi perempuan dan KB.

Guna mengatasi permasalahan yang ada serta untuk memberdayakan masyarakat khususnya ibu hamil sebagai agent perubahan peningkatan kesehatan ibu dan anak dengan menitik beratkan kegiatan promotif dan preventif khususnya untuk peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku, maka Puskesmas Gamping I melalui bidan Ernawati, A.Md.Keb membuat inovasi SMS Bunda “Mama Minta Info”. yaitu layanan SMS gratis berisi pemberian informasi/tips seputar perawatan kesehatan ibu dan anak yang bertujuan untuk memberikan pelayanan khusus bagi ibu hamil agar dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah, menerapkan pola hidup sehat melalui upaya pencegahan penyakit (preventif) dan peningkatan kesehatan (promotif), tanpa mengabaikan upaya pengobatan (kuratif) dan rehabilitatif melalui pendekatan budaya lokal dengan memanfaatkan perkembangan ilmu dan teknologi. Layanan ini dapat diakses/berlangganan oleh ibu hamil siapa saja dan dimana saja dengan cara mendaftar “Reg hamil#HPL(dd-mm-yyyy)#nama” kirim ke 0817597788. Layanan ini diberikan secara gratis dan cuma-cuma, dimana pesan yang akan diterima oleh ibu hamil diberikan secara berkala dan disesuaikan dengan kebutuhan ibu saat ini.

Mari kita dukung dan sukseskan inovasi kegiatan ini demi meningkatkan status kesehatan masyarakat yang dimulai dari tingkat hulu khususnya masyarakat sendiri, agar dapat mengenali sejak dini adanya masalah kesehatan selanjutnya untuk mendapatkan penanganan yang memadai sehingga tidak terjadi keterlambatan serta kesehatan ibu maupun anak dapat terselamatkan dan pada akhirnya kesejahteraan ibu anak dapat meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *