Bupati Sleman Serahkan Penghargaan Ranting SBH Tergiat pada Upacara Penutupan Pertihusada

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman sukses selenggarakan Perkemahan Bakti Husada II pada 4-5 Oktober 2019. Acara ini diselenggarakan di Desa Wisata Garongan, Kecamatan Turi Sleman. Kegiatan ditujukan sebagai bagian dari pembinaan anggota Pramuka Satuan Karya Bakti Husada. Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr. Joko Hastaryo, M.Kes. menyampaikan bahwa tema Pertihusada adalah “Sehat, Bakti Masyarakat, Jaya”.  “Sebanyak 125 peserta anggota Saka Bakti Husada (SBH) dari seluruh ranting cabang di Sleman berpartisipasi dalam agenda besar ini” tutur Joko.

Menurutnya, kegiatan Pertihusada dilaksanakan guna mendorong minat, bakat dan keterampilan anggota Pramuka di bidang kesehatan. Joko menambahkan, peserta mengikuti serangkaian kegiatan dan materi pembelajaran selama mengikuti Pertihusada, diantaranya yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Kampanye kesehatan melalui Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemberantasan sarang nyamuk dan pencegahan Tuberkulosis. “Pada kegiatan ini peserta melakukan bakti berupa pemberian paket perlengkapan hygiene sanitasi personal kepada warga masyarakat sebanyak 104 rumah tangga di wilayah Wonokerto, Turi,” jelas Joko.

Pada saat yang sama Bupati Sleman, Drs. Sri Purnomo, M.Si. menjadi pembina upacara dan menyampaikan amanat kepada seluruh peserta dan tamu undangan. “Saya berpesan pada seluruh peserta untuk mengoptimalkan keilmuan yang didapatkan pada kegiatan ini dan disebarluaskan pada sekolah dan lingkungan sekitar,” tutur Sri Purnomo. Dalam acara tersebut Bupati Sleman juga menyerahkan hadiah berupa pila dan uang pembinaan pada juara lomba Saka Bakti Husada Ranting Tergiat Tingkat Cabang Sleman tahun 2019. Juara pertama diraih SBH Ranting Cangkringan, juara II SBH Ranting Ngaglik, juara III SBH Ranting Depok, juara harapan I SBH Ranting Ngemplak dan juara harapan II SBH Ranting Turi. (Chy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *