Bupati Sleman Canangkan Posbindu PTM Institusi

Jumat (26/10), tak kurang 300 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pencanangan Posbindu PTM institut. Acara yang diselenggarakan Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman ini berlangsung sejak pukul 06.30 WIB bertempat di komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. Sekretaris Dinkes Sleman, Cahya Purnama menuturkan bahwa latar belakang kegiatan ini dikarenakan Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan salah satu kelompok masyarakat yang berisiko mengalami penyakit tidak menular (PTM). Hal tersebut dikarenakan dalam kesehariannya, kesibukan pekerjaan menjadikan ASN tidak dapat melakukan olah raga dengan teratur, pola makan yang tidak sehat dan kurangnya istirahat.

Proses pemeriksaan kesehatan diawali dengan kegiatan tes kebugaran. Tes ini dijalankan untuk mengukur kebugaran jantung dan paru dengan cara berlari ringan atau jalan cepat menempuh jarak 1,6 km. Lebih dari lima kelompok yang mengikuti tes kebugaran dikarenakan tidak semua peserta disarankan mengikuti karena beberapa alasan medis. Selanjutnya peserta mendapatkan layanan tes kesehatan di Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular atau disebut dengan Posbindu PTM. Pemeriksaan faktor risiko PTM yang diberikan meliputi pengukuran Indeks Massa Tubuh, pengukuran lingkar perut, tes kolesterol total, tes asam urat, dan tes gula darah sewaktu.

Puncak kegiatan ini yakni pencanangan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo didampingi ketua TP PKK Kabupaten Sleman serta Dinkes Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *