Bimbingan Teknis Kearsipan Tentang Pemindahan Arsip

BIMTEK KEARSIPAN TENTANG PEMINDAHAN ARSIP

 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab Sleman sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan volume arsip yang banyak. Salah satu kewajiban OPD yang sebagai pencipta arsip, perlu melakukan penyusutan arsip, diantaranya adalah pemindahan arsip. Dinkes Kab Sleman dengan dikoordinir oleh Subbag Umum dan Kepegawaian melaksanakan Bimtek Kearsipan yang diikuti oleh 33 orang peserta terdiri dari pengelola arsip UPTD/UPT Puskesmas di lingkungan Dinkes Kabupaten Sleman sejumlah 27 orang dan pengelola arsip Dinas Kesehatan sejumlah 6 orang. Bimtek kearsipan yang dilaksanakan hari Kamis Tanggal 25 Maret 2021 bertempat di RM Pringsewu, dibuka oleh Plt Sekdin: dr. Bambang Suharjana, M.Kes, dipandu oleh Arsiparis Dinkes: Budi Wahyono, A.Md.

Arsiparis Dinkes: Budi Wahyono, A.Md memandu acara Bimtek

Sebagai narasumber Bimtek, Arsiparis dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab Sleman adalah Betty Indriati, S.S.T.Ars dan Nunik Pujiyati, S.Pd. Adapun materi yang disampaikan narasumber yaitu Pemindahan Arsip Inaktif oleh Nunik Pujiyati, S.Pd dan Pemusnahan Arsip oleh Betty Indriati, S.S.T.Ars.

Narasumber Bimbingan Teknis (Bimtek) Kearsipan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan:
Arsiparis Betty Indriati, S.S.T.Ars dan Nunik Pujiyati, S.Pd.

Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan dr. Bambang Suharjono, M.Kes Pada kesempatan tersebut mengarahkan bahwa Dinas Kesehatan maupun UPT Puskesmas hendaknya mulai memprogramkan pemusnahan arsip mengingat keterbatasan ruangan serta sarana dan prasarana agar pengelolaan kearsipan dapat berjalan sesuai kaidah yang berlaku.

Peserta Bimtek Kearsipan

Bimtek kali ini diisi dengan praktek dalam kegiatan pemindahan arsip inaktif dan praktek dalam kegiatan pemusnahan arsip. Diharapkan para peserta dapat segera mengimplementasikan pada lingkungan kerja masing-masing untuk mewujudkan tertib arsip perangkat daerah.

Praktek membungkus arsip dengan kertas kesing

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *