VISI DAN MISI PEMBANGUNAN KESEHATAN

DI KABUPATEN SLEMAN

A. Visi

Reformasi di bidang kesehatan telah menetapkan Visi Pembangunan Kesehatan Kabupaten Sleman “Terwujudnya Masyarakat Sleman Sehat yang Mandiri, Berdaya saing dan Berkeadilan”. Perwujudan masyarakat yang maju dan tercukupi kebutuhan lahiriah dan batiniahnya ditandai dengan meningkatnya kualitas hidup dan kehidupan masyarakat. Pencapaian kondisi sejahtera dalam arti masyarakat yang keadaan ekonomi, pendidikan dankesehatan serta spiritualnya baik adalah dengan upaya peningkatan kreatifitasuntuk mencapai keunggulan/prestasi sehingga dapat bertahan dan bersaingdalam berbagai bidang kehidupan, disamping upaya untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender dengan peningkatan akses dan partisipasiperempuan dalam pembangunan. Visi yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehatan adalah masyarakat kabupaten Sleman hidup dalam lingkungan yang sehat denganperilaku hidup bersih dan sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkaupelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata serta memilikiderajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Lingkungan yang diharapkanadalah lingkungan yang kondusif untuk terwujudnya keadaan sehat yaitulingkungan yang bebas dari polusi, tersedianya air bersih yang cukup, sanitasilingkungan yang memadai, perumahan dan pemukiman yang sehat,perencanaan kawasan yang berwawasan kesehatan, serta terwujudnyakehidupan masyarakat yang saling tolong menolong dengan memelihara nilainilai budaya. Perilaku masyarakat yang diharapkan adalah yang bersifat proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah risiko terjadinyapenyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit, serta berpartisipasi aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat. Kemampuan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, diharapkan tercapai dengan mudah, karena pelayanan kesehatan diselenggarakan sesuai dengan standart dan etika profesi yang ada.



B. Misi

Untuk dapat mewujudkan Visi “Terwujudnya Masyarakat Sleman Sehat yang Mandiri, Berdaya saing dan Berkeadilan”, ditetapkan lima misipembangunan kesehatan sebagai berikut:

1) Meningkatkan kinerja Dinas Kesehatan dan UPTnya melalui peningkatan kualitas sistem manajemen mutu dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

2) Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat dan meningkatkan kemandirian puskesmasdalam mengelola pelayanan kesehatan

3) Penanggulangan kemiskinan dengan menjamin pelayanan kesehatan

untuk masyarakat miskin dan mengembangkan sistem pembiayaan kesehatan masyarakat

4) Memantapkan pengelolaan prasarana dan sarana kesehatan termasuk sistem informasi kesehatan

  1. Meningkatkan pemberdayaan dan peran serta masyarakat di bidang kesehatan


C. STRATEGI

Strategi yang dipergunakan dalam rangka menyelenggarakan misi tersebut untuk mencapai Sleman Sehat adalah sebagai berikut :

a. Strategi mewujudkan misi 1

Dalam upaya mewujudkan misi 1, yaitu Meningkatkan kinerja Dinas Kesehatan dan UPTnya melalui peningkatan kualitas sistem manajemen mutu dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, strategi pembangunan yang ditempuh adalah:

a. Meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui peningkatkan kapasitas sumberdaya Dinas Kesehatan dengan penerapan good governance

b. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di bidang kesehatan untuk meningkatkan daya saing.

c. Meningkatkan pemanfataan potensi sumberdaya bidang kesehatan untuk menarik kunjungan puskesmas

d. Regulasi retribusi pelayanan kesehatan pemerintah

e. Mewujudkan sumberdaya manusia yang profesional

f. Penerapan anggaran berbasis kinerja

b. Strategi mewujudkan misi 2

Dalam upaya mewujudkan misi 2, yaitu Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat dan meningkatkan kemandirian puskesmas dalam mengelola pelayanan kesehatan, strategi pembangunan yang ditempuh adalah:

a. Meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas

b. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan

c. Meningkatkan jejaring pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta

d. Meningkatkan jejaring pelayanan kesehatan dasar dan rujukan

e. Penerapan obat rasional di semua pelayanan kesehatan baik pemerintah maupun swasta

f. Optimalisasi pelayanan oleh sektor swasta dalam rang pemerataan pelayanan

g. Penerapan standar sistem manajemen mutu

h. Kemandirian Puskesmas

c. Strategi mewujudkan misi 3

Dalam upaya mewujudkan misi 3, yaitu Penanggulangan kemiskinan dengan menjamin pelayanan kesehatan untuk masyarakat miskin dan mengembangkan sistem pembiayaan kesehatan masyarakat, strategi pembangunan yang ditempuh adalah:

a. Meningkatkan kualitas sistem penjaminan kesehatan bagi masyarakat

b. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat miskin

c. Adanya jaminan perlindungan bagi masyarakat miskin di kabupaten Sleman

d. Masyarakat miskin dijamin oleh pemerintah melalui sistem asuransi

e. Meningkatkan promosi pembiayaan kesehatan melalui sistem asuransi

d. Strategi mewujudkan misi 4

Dalam upaya mewujudkan misi 4, yaitu Memantapkan pengelolaan prasarana dan sarana kesehatan termasuk sistem informasi kesehatan, strategi pembangunan yang ditempuh adalah:

a. Meningkatkan kualitas data dan informasi melalui pemanfataan ilmu pengetahuan dan teknologi

b. Meningkatkan pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kesehatan melalui optimalisasi sumber-sumber pembiayaan pemerintah, swasta dan masyarakat.

c. Meningkatkan sistem pengelolaan sarana kesehatan lingkungan

d. Meningkatkan pemenuhan kebutuhan obat, vaksin dan reagensia untuk sarana pelayanan kesehatan

e. Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan


e. Strategi mewujudkan misi 5

Dalam upaya mewujudkan misi 5, yaitu Meningkatkan pemberdayaan dan peran serta masyarakat di bidang kesehatan, strategi pembangunan yang ditempuh adalah:

a. Meningkatkan peranserta/partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana di bidang kesehatan.

b. Meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat

c. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui perlindungan dan pemberdayaan serta keterpaduan program pemerintah, swasta dan masyarakat

d. Meningkatkan revitalisasi posyandu dengan bertitik berat pada pemanfaatan posyandu secara terpadu

e. Meningkatkan kualitas lingkungan sehat, melalui Desa Siaga sampai Kabupaten Sehat